Training MS Excel Advanced

Training MS Excel Advanced – BBP2HP (Balai Besar Pengujian dan Penerapan Hasil Perikanan) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia bekerja sama dengan NF COMPUTER menyelenggarakan pelatihan sehari MS Excel Advanced untuk pegawainya pada Senin 21 Agustus 2017 di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Instruktur Bapak Sugandi, S.T. menjelaskan MS Excel Advanced merupakan materi pelatihan pengolahan data angka lanjutan dan lebih dititikberatkan pada penggunaan fungsi-fungsi khusus dalam pengolahan data untuk keperluan presentasi atau penyajian data angka, seperti pengelompokan, filterisasi, dan pencarian data.

Detail materi yang diberikan antara lain fungsi statistical, Text, Logical, Lookup & Reference Date & Time, Database dan beberapa kasus yang melibatkan penggabungan beberapa fungsi khusus tersebut serta pengolahan dan penyajian data dengan filtering, validasi, format data terkondisi ( Conditional Formatting ) serta Pivot Table.

Target dari pelatihan ini peserta dapat lebih mengoptimalkan penggunaan fasilitas terutama fungsi-fungsi yang tersedia pada pengolah angka MS Excel untuk menunjang kinerja pengolahan data angka sampai penyajiannya menjadi informasi yang lebih berguna. Peserta pelatihan dibimbing secara praktis dengan cara mempraktekkan langsung instruksi-instruksi pada workshop yang telah disediakan sehingga lebih kuat dalam pemahaman dan dapat mendeteksi secara langsung kendala-kendala yang dihadapi untuk kemudian dilakukan pembahasan. Peserta juga diberikan tugas untuk semakin memperdalam dan memahami materi yang telah dipelajari.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mendapatkan banyak tambahan pengetahuan yang dapat membantu pekerjaannya. Hal ini dapat terlihat dari hasil Post Test yang dilakukan pada sesi terakhir, dengan hasil sangat memuaskan dan berbeda jauh lebih baik dari nilai Pre Test yang dilakukan sebelum pelatihan dimulai.