Training Itjen Kemdikbud

Training Itjen Kemdikbud – Nurul Fikri Computer bekerja sama dengan Itjen Kemdikbud (Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) Republik Indonesia menyelenggarakan sharing knowledge dan pelatihan penggunaan aplikasi Alfresco Community Edition sebagai aplikasi Enterprise Content Management (ECM). Pelatihan diselenggarakan selama 5 jam dan diikuti sebanyak 10 orang dari staf Itjen Kemdikbud pada Jumat 25 Agustus 2017 di ruang 107 Kampus B1 Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri, Jl. Lenteng Agung Raya Jakarta Selatan.

ECM yang dibahas dalam pelatihan ini terdiri dari 5 komponen besar yaitu capture, manage, store, preserve dan deliver. Proses yang ada dalam kelima komponen itu sebagai berikut:
1. Capture – membuat, mengambil dan menyusun informasi.
2. Manage – memproses, mengubah dan menggunakan informasi tersebut.
3. Storage – menyimpan informasi.
4. Preserve – membuat backup.
5. Deliver – menyediakan klien dan user dengan informasi yang dibutuhkan.

Judul-judul topik materi yang dipelajari antara lain Manajemen Dokumen pada Sistem Operasi Windows, Pengantar Afresco, Create User, Create Site, Add Site Member, Manejemen Dashboard, Manajemen Role, Manajemen Dokumen, Manajemen Rule, Versioning, Workflow, Meng-akses server Alfresco melalui perangkat elektronik bergerak / mobile device.

ECM atau manajemen konten perusahaan adalah alat atau proses untuk mengorganisir dan menyimpan dokumen sebuah organisasi, atau konten lainnya, yang berhubungan dengan proses bisnis organisasi tersebut. Platform ECM Alfresco yang terbuka dan terintegrasi menjadikannya sederhana, cerdas, aman, dan membuat kolaborasi mudah bagi karyawan, mitra dan customer. Alfresco adalah pemimpin dalam bidang ECM yang membantu menciptakan proses keterhubungan data yang efisien. Lebih dari 1.800 perusahaan di 195 negara bergantung pada Alfresco, termasuk pemimpin dalam jasa keuangan, kesehatan, dan sektor publik.

Dengan aplikasi alfresco dapat melakukan banyak hal dalam pengelolaan dokumen digital serta dapat digunakan dalam pendelagasian tugas kepada user dan member-member yang terdaftar pada suatu site. Selain itu alfresco memberikan kebebasan user untuk memiliki tempat penyimpanan pribadi yang hanya dapat di akses oleh user dan admin